Pages

Subscribe

Real Madrid

Madrid adalah salah satu kota terkenal di dunia karena merupakan tempat kunjungan wisata dan markas klub sepakbola terkenal Real Madrid FC.

Sebenarnya di kota Madrid juga ada klub Atletico Madrid yang punya sejarah bagus, namun namanya seolah tenggelam di bawah bayang-bayang Los Galacticos.

Klub ini bermarkas di Stadion Santiago Bernabeu, diambil namanya dari salah satu legenda mereka.

Klub ini terkenal juga karena sering jor-joran mendatangkan pemain bintang yang sebagian adalah pemain terbaik dunia.

Musim 2009-2010 ini saja, Real telah menghabiskan ratusan juta euro untuk mendatangkan para bintang baru seperti : Kaka, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Xabi Alonso. Efek dominonya tentu saja membuat para bintang lawas tersingkir. Contohnya Klaas Jan Huntelaar yang kini berbaju Milan, Arjen Robben yang mandah Ke Bayern Muenchen, serta Sneijder yang kini membela Internazionale.

Keberanian mendatangkan bintang ini tak lepas dari janji para calon Presiden pada kampanye sebelum pemilihan mereka. Diyakini, harga mahal mereka akan tertutupi dengan banyaknya sponsor, penjualan merchandise, tiket masuk dan perhitungan bisnis lain.

Hubungan antara Internazionale dan Madrid bisa dibilang sangat dekat. Kedua klub banyak saling jual beli pemain contohnya Inter menjual Luiz Ronaldo, Roberto Carlos. Sedang Madrid menjual Ivan Zamorano, Walter Samuel, Santiago Solari, hingga Esteban Cambiasso, dan terakhir tentu saja Sneijder.

1 comments:

Arfar said...

Banyak contoh keberhasilan yang dimulai dari pendekatan Top Down, dari goodwill pemerintahnya :)

Post a Comment