Pages

Subscribe

The Candidate


Piala Dunia kali ni benar-benar menghadirkan kejutan besar. Kandidat tradisional juara, Brasil serta Argentina tersingkir. Bahkan Argentina secara tragis dibantai Jerman 4-0.

Di era sepakbola modern saat ini, sebuah skuad tidak lagi dapat mengandalkan ' magic ' seperti yang ada dalam diri Messi atau Kaka. Sepakbola modern saat ini adalah sebuah keseimbangan tim di setiap lini. Mulai pertahanan hingga sektor penyerangan,

Begitu menakutkankah Brasil ?. Jelas tidak. Lini belakang mereka memang yang terbaik di dunia. Namun lini tengah tidak menjamin keseimbangan karena hanya diisi pemain dengan kapasitas yang tidak jelas. Dunga seharusnya belajar dari laga awal saat Felipe Melo dikartu merah. Hal ini terulang lagi justru pada partai krusial. Lini depan juga sama saja. Hanya memiliki Luis Fabiano yang memang tajam namun tidak akan ada artinya jika tidak ditopang dengan suplai bola dari tengah.

Beberapa tim telah menunjukkan keseimbangan disetiap lini. Misalnya Belanda, mereka memiliki kiper dengan standar baik. Bek pekerja keras, Van Bommel sebagai destroyer dengan teknik tekel dan menghentikan yang baik, sayap aktif pada Kuyt dan Robben, striker penjelajah Van Persie, serta maskot keberuntungan Intermilan, Sneijder.

Begitu juga Jerman, mereka punya Khedira sebagai metronom, Oezil sebagai playmaker, Schweinsteiger sebagai penjelajah, Podolski sebagai striker bayangan dan Klose yang meski tua namun mampu menjalankan fungsi dengan baik.

Satu kandidat lain adalah Spanyol. Meski tertatih-tatih akhirnya melaju jauh. Skuad mereka tergolong lengkap dengan bek-bek terbaik Spanyol, gelandang Barca serta striker ternama Torres dan Villa.

Kestabilan dan determinasi adalah kunci dari turnamen kali ini. Siapa kandidat juara menurut anda ?

Salman Khan

1 comments:

NoRLaNd said...

baru dapat info bagus mengenai prediksi pemenang world Cup 2010 neh, coba di simak di blog ku =p

Post a Comment